Penyebab Kanker Payudara Gejala Awal

Penyebab kanker payudara gejala awal,- Secara umum, Kanker payudara (Carcinoma mammae) merupakan kanker yang tumbuh di dalam jaringan payudara dalam bentuk benjolan atau tumor ganas. Awalnya kanker tumbuh di dalam kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak maupun jaringan ikat yang berada dalam payudara. Menurut wikipedia, kanker payudara merupakan salah satu penyakit neoplasma yang ganas dimana berasal dari parenchyma.

penyebab-kanker-payudara-gejala-awalSemua wanita takut terdiagnosa penyakit kanker payudara. Karenanya mengetahui fakta penting dan tanda peringatan jadi kunci penting agar kaum hawa bisa menghindari risiko kanker payudara.

Penyebab Kanker Payudara Gejala Awal

Gejala Kanker Payudara
Gejala awal kanker payudara biasanya ditandai adanya penebalan suatu area dari jaringan di payudara wanita, bisa juga berupa benjolan pada payudara. Walaupun tidak selamanya benjolan adalah tanda kanker, namun bila menemui benjolan di payudara, seorang wanita harus segera memeriksakan diri ke ahli kesehatan.

Berdasarkan National Health Service Inggris, seorang wanita harus segera memeriksakan diri untuk mendeteksi adanya kanker payudara pada dirinya, jika menemukan gejala kanker payudara berikut.

  1. Adanya benjolan di payudara
  2. Rasa sakit di ketiak atau payudara, yang tidak ada hubungannya (dipengaruhi) oleh periode menstruasi
  3. Pitting atau kemerahan pada kulit payudara; terkadang seperti kulit jeruk
  4. Ruam di sekitar (atau diatas) salah satu puting
  5. Pembengkakan (benjolan) di salah satu ketiak
  6. Penebalan sebuah area dari jaringan di payudara
  7. Salah satu puting mengelupas, kadang-kadang mungkin mengandung darah
  8. Perubahan puting dalam penampilan, mungkin menjadi cekung atau terbalik
  9. Perubahan ukuran atau bentuk payudara
  10. Kulit puting susu atau kulit payudara mulai mengelupas, bersisik atau menyerpih.

Penyebab kanker payudara

Selain dipicu oleh faktor internal seperti riwayat medis keluarga, ternyata penyebab kanker payudara lebih banyak dari luar (eksternal). Apa saja faktor luar pemicu kanker payudara? Berikut daftar selengkapnya seperti yang disadur dalam laman Merdeka dari She Knows.

1. Pestisida
Pestisida ditujukan untuk mengusir hama yang dapat merusak tanaman termasuk sayur dan buah-buahan. Semua orang pasti tertarik dengan tanaman yang secara berkala mendapat perawatan dengan penyemprotan pestisida, tetapi siapa yang menyana bahwa para ahli dari University of Liverpool melakukan penelitian terhadap tanaman yang sering diberikan pestisida memberikan kontribusi terhadap kanker payudara.

Jadi, Anda harus lebih berhati-hati ketika membeli sayuran dan buah-buahan. Jangan tertipu oleh tampilan yang fresh, tetapi bukan berarti Anda harus memilih yang terlihat kusam dan lusuh. Sebagai pembuktian Anda bisa mengetahui sayuran yang baik dikonsumsi atau tidak adalah yang banyak digigit oleh ulat.

2. Semua golongan perokok
Anda pasti tahu perbedaan perokok aktif dan pasif. Kalau perokok golongan aktif sudah pasti tinggi akan penyakit ini. Tetapi jangan sampai Anda berasumsi bahwa jarang merokok atau menjadi perokok pasif akan terbebas dari incaran kanker payudara.

Pasalnya, para ahli juga mengungkap bahwa perokok pasif kemungkinan mempunyai urusan terhadap kanker payudara. Jadi hal terbaik yang harus Anda lakukan adalah berhenti merokok, apapun jenisnya. Mengapa? Karena sekarang ini sedang marak konsumsi rokok elektrik yang menurut orang awam aman untuk dihisap karena bebas pembakaran tembakau.

Hanya perlu Anda ketahui bahwa rokok elektrik atau Electronic Nicotine Delivery System (ENDS) masih berpeluang memberikan dampak buruk bagi kesehatan, ulas Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kamentrian Kesehatan (dikutip dari artikel Bahaya Rokok Elektrik Bagi Kesehatan oleh Lifestyle Okezone, 2 November 2014)

3. Pil hormon
Penggunaan pil hormon dalam jangka panjang dengan tujuan mengurangi gejala menopause akan menambah jumlah penderita kanker payudara. Pil ini umumnya mengandung gabungan hormon estrogen dan progestin. Untuk mengurangi risiko kanker, para ahli menyarankan untuk menggunakan pil hormon estrogen saja karena lebih aman, terlebih bagi wanita yang sudah tidak memiliki rahim.

4. Senyawa paraben
Paraben adalah bahan kimia yang dipakai untuk mengawetkan lotion, shampo, deodorant, kondisioner, dan bahkan terdapat pula pada bahan makanan dan minuman. Anda bisa melihat pada label dengan nama, seperti methylparaben, ethylparaben, benzylparaben, dan yang berakhiran paraben lain. Senyawa ini bersifat seperti hormon estrogen yang meningkatkan angka risiko kanker payudara.

Penyebab kanker payudara lain:

  • Hormon rBST (recombinant bovine somatotropin) buatan, digunakan untuk memperbanyak hasil produksi susu pada sapi. Oleh sebab itu hindari konsumsi susu dari sapi yang disuntik hormon buatan ini.
  • Tetrakloroetilena, senyawa kimia pada karet, pelumas, silikon, dan bahan industri lain.
  • Diethylstilbestrol (DES), yakni hormon estrogen buatan untuk mengurangi risiko keguguran pada wanita hamil.
  • Senyawa PAHs (Polycyclic aromatic hydrocarbons), yang terdapat pada bahan organik mudah terbakar lain. Senyawa ini juga bisa diproduksi oleh ikan atau daging yang dipanggang.
  • Senyawa Polychlorinated biphenyls (PCBs), senyawa buatan yang dipakai pada peralatan listrik cairan hidrolik dan pelumas yang mengalami kebocoran ketika proses pembuangan.
  • Bisphenol A (BPA), zat ini terdapat pada bahan plastik perabotan rumah tangga, seperti misalnya botol air mineral, botol susu bayi, kotak makan plastik, dan bahan plastik lain. Untuk menghindarinya Anda bisa membeli produk plastik yang bebas BPA.

Seperti yang dikatakan tadi, jika Anda sudah merasakan beberapa gejalanya langsung saja lakukan pemeriksaan ke dokter karena jika masih stadium dini masih bisa diobati. Kunci untuk bertahan hidup adalah mendeteksi kanker payudara sedini mungkin, sebelum ia memiliki kesempatan untuk menyebar. Pemeriksaan payudara secara pribadi hendaknya dilakukan dengan teratur setiap bulan, karena seorang wanita harus waspada dalam mencari sesuatu yang tampak atau terasa mencurigakan pada payudaranya, seperti adanya pengerasan atau benjolan.

Pengobatan Kanker Payudara:

benjolan kanker,kanker itu seperti apa,penyebab kanker,seperti apa kanker servit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *