Waspadai Serangan Kanker Otak Lewat Tanda Ini

Waspadai Serangan Kanker Otak Lewat Tnada Ini – Kanker hingga saat ini masih menjadi penyakit yang dianggap mematikan. Selain itu semua sel yang ada di dalam tubuh bisa berubah menjadi sel kanker, termasuk dengan otak.

Kanker otak merupakan salah satu tumor ganas yang menyerang bagian otak, parahnya ciri ciri dan gejala kanker otak tidak begitu diketahui pada awal pertumbuhannya. Terlepas dari bahayanya, tentu pengetahuan dini mengenai ciri-ciri yang menjadi tanda anda mengidap kanker otak cukup penting di ketahui.

Studi yang dilakukan Department Oncology, BSMMU, Bangabandhu Sheikh Mujib Medical University, sebuah universitas ternama di Bangladesh menemukan bahwa terdapat 16 Ciri ciri kanker otak yang harus di waspadai. Studi ini dilakukan pada 50 penderita dengan rentang umur 2-60 tahun ((Naziruddin Mollah.,  Abdul Baki., Nur Afzal., Akram Hossen, Clinical and Pathological Characteristics of Brain Tumor, vol 3 issues 2, july 2010. di akses 03 November 2014)).

Waspadai Serangan Kanker Otak Lewat Tnada Ini

Ada dua jenis kelainan sel yang dapat menyebabkan tumor otak. Jenis yang pertama adalah tumor yang berasal dari otak sedangkan jenis kedua adalah pertumbuhan tumor dari bagian tubuh yang berbeda dan menjalar hingga mencapai otak. Karena sudah jelas bahwa penyakit kanker otak berbahaya, maka deteksi sejak dini melalui gejala atau tanda berikut ini.

  • Nyeri wajah
    Jika kamu tiba-tiba mengalami linu di wajah, bisa jadi itu adalah tanda dari kanker otak.
  • Penglihatan kabur
    Jika sebelumnya mata kamu termasuk normal dan kemudian penglihatan jadi kabur, kamu harus memeriksakan kesehatan otakmu sebab bisa jadi itu adalah tanda awal dari kanker otak.
  • Bermasalah dengan memori
    Tumbuhnya sel kanker di otak juga akan membuatmu bermasalah dengan memori atau kesulitan untuk mengingat suatu peristiwa spesifik tertentu.
  • Kesulitan dalam berbicara
    Beberapa orang dengan kanker otak mungkin mengalami kesulitan dalam berbicara atau mengartikulasikan kata-kata karena menurunnya kemampuan kognitif.
  • Mual
    Mengalami mual tanpa sebab yang jelas juga bisa menjadi salah satu dari gejala kanker otak yang sering diabaikan banyak orang.
  • Mati rasa
    Gejala lain dari kanker otak yang mengejutkan adalah mati rasa di tangan dan kaki serta kesemutan di seluruh tubuh yang terjadi karena rendahnya tekanan darah.
  • Mengalami gangguan kesadaran
    Ciri-ciri selanjutnya yang disebabkan karena adanya penyakit kanker otak adalah mengalami gangguan kesadaran pada penderita. Ciri – ciri ini dapat diketahui ketika penderita kanker otak, di antaranya sering terkejut, bengong, dan mengalami kehilangan ingatan atau lupa apa yang dikerjakan
  • Ada beberapa anggota tubuh yang sulit digerakkan
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, otak berfungsi sebagai pengatur sel-sel syaraf yang ada dalam tubuh. Jika kesehatan otak terganggu, maka kondisi tubuh pun akan ikut terganggu, salah satu dampaknya adalah kesulitan menggerakkan anggota tubuh. Jika sel kanker atau tumor menyerang jaringan otak, maka ciri-ciri ini akan dirasakan oleh orang yang terkena penyakit kanker otak
  • Berat badan menjadi turun
    Penderita kanker otak akan mengalami penurunan dalam kemampuan kognitifnya. Kondisi ini menyebabkan metabolisme dalam tubuh menjadi tidak stabil karena terpengaruh oleh sel kanker yang menyerang otak. Dampaknya, berat badan orang yang mengidap kanker otak menjadi turun drastis
  • Tubuh menjadi sering mengalami kejang – kejang
    Adanya penyakit kanker pada otak mengakibatkan aktivitas motorik otak menjadi tidak normal sehingga orang tersebut mengalami kejang – kejang. Kondisi ini bagi penderita kanker otak biasanya terjadi secara tiba – tiba, kemudian menjadi hilang kesadaran, menggigit lidahnya sendiri, dan bahkan tidak bernapas selama 30 detik lamanya. Setelah melewati kondisi ini, penderita kanker otak akan mengalami sakit kepala, mengantuk, dan merasakan nyeri pada otot – ototnya.
  • Mengalami kehilangan sensasi
    Kehilangan sensasi yang dimaksud di sini adalah penurunan kemampuan kognitif atau penalaran. Kondisi ini berkaitan erat dengan terganggunya perkembangan fungsi otak karena adanya sel kanker atau tumor pada otak. Sel kanker ini mengakibatkan otak menjadi tidak berfungsi secara normal, sehingga menyebabkan pemikiran menjadi datar.
  • Menstruasi berhenti secara tidak normal
    Untuk kaum wanita, perlu diwaspadai apabila mengalami menstruasi yang berhenti secara tidak normal. Hal ini merupakan salah satu ciri dari adanya kanker otak. Oleh sebab itu, jika Anda mengalami kondisi ini segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Mengenali gejala awal dari penyakit kanker diperlukan agar penyakit ini tidak semakin membahayakan. Jadi, apakah kamu mengalami salah satu gejala di atas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *